Wjis.co.id | Penyebab kartu atm tidak bisa digunakan sangat banyak sekali, Beberapa diantaranya mungkin tidak kamu sadari.

Jika hal ini terjadi pada Anda, sebaiknya jangan panik dan pastikan Anda mengetahui beberapa penyebab mengapa kartu ATM tidak bisa digunakan.

Jika Anda sudah mengetahui akar penyebabnya, Anda dapat mengunjungi bank yang digunakan untuk memperbaiki masalah tersebut. Lihat di bawah untuk detailnya.

Lalu bagaimana cara mengatasi atm yang rusak?

Berikut ini selengkapnya

Daftar Penyebab Kartu ATM Tidak Bisa digunakan

Daftar Penyebab Kartu ATM Tidak Bisa digunakan

1. Disinformasi

Informasi yang salah juga bisa menjadi penyebab kartu tidak bisa digunakan, seperti informasi nomor kartu, jenis bank, dan jumlah rekening yang salah. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengecek kartu ATM terlebih dahulu untuk memastikan tagihan sembako sesuai dengan detail kartu ATM.

2. Salah memasukkan PIN

Salah menekan PIN juga menjadi salah satu penyebab kartu tidak bisa digunakan lagi. Secara alami, sebagian besar bank hanya mengizinkan 3 upaya untuk mengakses rekening ATM. Jika lebih dari itu, PIN akan terblokir dan kartu tidak dapat digunakan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengunjungi dukungan pelanggan bank.

3. Kartu rusak

Penyebab paling umum dari ketidakmampuan menggunakan kartu ATM adalah kerusakan pada kartu ATM. Seperti yang Anda ketahui, penggunaan ATM memiliki periode aktivitas tertentu, dan alat pembayaran memiliki batas waktu penggunaan. Selain itu, kartu ATM akan rusak karena kotor, angka tidak terbaca, dan goresan pada chip.

4. Kurang Saldo

Alasan nomor satu mengapa kartu tidak dapat digunakan adalah kemungkinan besar saldo Anda tidak mencukupi sehingga kartu tidak dapat digunakan. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan Anda mengisi saldo terlebih dahulu dengan melakukan setoran tunai atau transfer dari bank lain.

5. Batas harian maksimum

Dan satu alasan lagi yaitu sudah mencapai batas maksimal harian yang menurutnya kartu ATM sudah tidak bisa digunakan lagi. Tentunya semua bank memiliki standar pembelian maksimal setiap harinya. Oleh karena itu, maksimal pembelanjaan nasabah melalui ATM tergantung dari jenis yang digunakan.